Halaman

Sabtu, 18 Mei 2013

Pulau Dutungan

Pulau Dutungan adalah pulau kecil dengan pasir putih yang Indah, terletak di hampir di Kabupaten Barru (hampir memasuki wilayah perbatasan Barru-Parepare). memiliki penginapan yang cukup sederhana dan cafe di dalamnya. Jika ingin jalan-jalan mengelilingi pulau, mungkin sekitar 1 km perjalanan. Pulau ini, lumayan kaya akan floranya seperti jati, bakau, dan berbagai macam bunga yang dipelihara oleh pihak manajemen pulau. Inti dari kunjungan ke pulau ini adalah "mencari ketenangan yang sesungguhnya".

Letak

Pulau ini terletak tepatnya di Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan

Jarak & Waktu Tempuh

Jarak dari kota Makassar
sekitar 130 km dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam
Jarak dari kota Barru
Sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam
Jarak dari kota Pare-pare (Kota terdekat)
Sekitar 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit

Jarak antara tanjung indah (Daratan utama) dengan pulau adalah sekitar 500 m dengan waktu tempuh sekitar 10 menit menggunakan perahu


Transportasi

Ada beberapa alternatif untuk menjangkau pulauDutungan, yaitu mobil, baik itu pribadi maupun angkutan penumpang. Khusu untuk penduduk Sulawesi Selatan, cukup dengan menggunakan motor sudah dapat menjangkau pulau ini. Untuk pelancong, Jika dari Bandara (Makassar) ke Barru dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi, bis, dll.

Nah, masih ada kendaraan yang harus digunakan untuk sampai ke pulau ini, yaitu dengan menggunakan perahu   transportasi milik menajemen resort. Adapaun alternatif, yaitu dengan menggunakan perahu milik warga yang memang telah disiapkan warga untuk mengangkut pengunjung pulau. Biayanya murah, dengan Rp. 50.000 per orang, kita sudah bisa menikmati pulau ini.

Kondisi Keadaan Medan dan kedaan Topografi

Kondisi topografi, Secara umum kondisi topografi pulau Dutungan adalah datar dan berbukit dengan kemiringan 0 hingga 30.
Daerah datar = kawasan kebun & ilalang, 
Daerah bukit = kawasan kawasan hutan jati.
Daerah kawasan pantai = kawasan pasir putih dan kawasan hutan bakau.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar: