Halaman

Sabtu, 18 Mei 2013

Air Terjun Mata Buntu

Air Terjun Mata Buntu - Pahatan alam yang sempurna menciptakan Air Terjun Mata Buntu di Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur yang menakjubkan. Airnya jernih dan sejuk dari Pegunungan Verbeek melewati batu alam berelief bertingkat-tingkat menimbulkan suara gemuruh.
Kabupaten Luwu Timur dianugerahi kekayaan alam tak ternilai harganya. Selain menyimpan kekayaan mineral bernilai ekonomi tinggi, juga memiliki pesona alam yang indah menawan seperti air terjun Mata Buntu.
Terletak di Kecamatan Wasuponda, Air Terjun Mata Buntu dapat diakses dari arah Kota Malili maupun Sorowako. Jaraknya hanya sekira 35 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Keberadaan Air Terjun Mata Buntu mulai dikenal masyarakat setelah Luwu Timur lepas dari Kabupaten Luwu menjadi daerah otonom sendiri. Permandian alam ini pilihan utama masyarakat sekitar dan luar daerah setiap waktu libur. Masyarakat setempat juga telah menyiapkan sarana transportasi menuju objek wisata yang sangat indah ini berupa jasa ojek motor. Tarifnya bervariasi antara Rp5000 sampai Rp7000 per orang. Di objek wisata Air Terjun Mata Buntu Wasuponda, pengunjung bisa merasakan kesejukan air Bumi Batara Guru. Kesejukannya yang menusuk tulang sudah bisa dirasakan ketika masih berada di kaki bukit. Ratusan anak tangga mengantar pengunjung menjajaki satu demi satu tingkatan air terjun. Selama di lokasi permandian alam, pengunjung disuguhi pemandangan alam yang masih sangat asri. Air yang mengalir cukup deras namun tetap bersahabat menambah kepuasan pengunjung sambil belajar berenang. Pengunjung bisa melepas penat sambil menggelar tikar alas daun pandan sambil menikmati undak-undakan air terjun bersusun 33 yang terbentuk alami.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar: