Halaman

Senin, 10 Juni 2013

Goa Uhallie

Goa Uhallie - Sebuah gua prasejarah ditemukan masyarakat di wilayah Dusun Kalukue, Desa Langi, Kecamatan Bontocani Bone. Gua bernama Uhallie tersebut banyak menyimpan bukti kehidupan manusia prasejarah.
Temuan arkeologis itu berupa lukisan telapak tangan serta beberapa lukisan yang menyerupai hewan, seperti babi rusa dan anoa, serta lukisan menyerupai mata panah. Bahkan hasil analisa arkeolog Unhas, jumlah lukisan tangan di Uhallie tersebut melampaui Gua Leang-leang di Kabupatan Maros. Bahkan terbanyak di Sulawesi.


Di Gua Uhallie terdapat sejumlah lukisan. Lukisan itu sendiri, merupakan peninggalan zaman prasejarah, tepatnya zaman mesolitik. Manusia saat itu sudah mengenal hidup menetap pada gua-gua.
Diharapkan adanya penetapan Gua atau Liang Uhallie sebagai situs cagar budaya yang ada di Kabupaten Bone.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: